Friday, December 31, 2010

H.O.RE Dari Temen Ke Temen oleh Harlan Boer

DARI TEMEN KE TEMEN

Di tahun 2010, ada acara musik yang membuat saya geleng-geleng kepala sambil tersenyum. Itu perhelatan kecil-kecilan. Namanya: H.O.RE. Tapi, penggagas acara ini, jelas bukan "orang biasa", cewek ini mah memang sudah "bau sound". Eunice Nuh kembali lagi!

Kalau tidak salah, pertama kali saya mengenal Eunice di acara bertajuk "Six to Six" pada 2002. Saya ingat, selesai briefing untuk persiapan acara tersebut, saya diajak Eunice ke BB's, di kawasan Menteng (kalau tidak salah, Eunice mendapat referensi tempat itu dari Indra Ameng dan Jimi Multhazam). Dan pada 2003 hingga 2004, meletuslah sesuatu yang sangat berharga: band-band baru (beberapa berwajah "lama") bergantian bermain di BB's dengan musik-musik yang habat luar biasa! Tidak ada nama-nama "mapan' seperti Naif atau rumahsakit (mungkin band tertua yang pernah main di BB's adalah Fabel, Vessel, dan Bandempo), di sinilah pertunjukkan-pertunjukkan awal dari band-band baru di antaranya The Upstairs, The Brandals, Seringai, Teenage Death Star, White Shoes & The Couples Company, The Sastro, Sugarstar, dan banyak lagi. Juga aksi-aksi DJ kapiran yang memutar "lagu-lagu kebangsaan". Kadang ada pesta peluncuran album, sampai acara bertema pernikahan.

Apa yang terjadi di BB's, perhelatan rutin yang sungguh sederhana dan ala kadarnya, itu bukan main. Kanal gairah! Sulit dijelaskan, tapi terlalu mudah untuk dirasakan. Malam-malam di BB's adalah masa depan.

Setelah keriaan itu berakhir pada 2004, saya masih sesekali bertemu Eunice. Ngobrol-ngobrol. Kerja. Ngobrol-ngobrol lagi. Makan. Nonton acara musik. Makan lagi. Intinya, Eunice sesekali masih "berkeliaran" di sekitar teman-teman yang dahulu sering bertemu di BB's. Tapi, apa yang dibuatnya bersama kakak dan adiknya kali ini, sebuah serial acara musik yang sudah dilakukan 4 kali sepanjang 2010, acara yang bertajuk H.O.RE, adalah kehadiran Eunice dalam wujudnya yang paling khas: "bau sound".

H.O.RE sudah tentu adalah "sesuatu". Seperti juga era 2003-2004 di BB's, perhelatan di sini adalah hal- hal ini: perjumpaan dengan teman lama dan baru, perjumpaan dengan band-band keren, tempat peluncuran album rekaman, tempat perayaan apa saja, dan malam-malam yang enak.

Terimakasih untuk H.O.RE yang telah membuat "sesuatu" telah terjadi lagi. Saya tidak bisa terlalu memikirkan tulisan ini lagi, harus jemput istri dan anak di supermarket, barusan SMS. Kita bertemu lagi saja di H.O.RE berikutnya.

Thank you!

Salam,
Harlan Boer

No comments:

Post a Comment